Sabtu, Agustus 18, 2012

CARA MENAMBAH BAHASA INDONESIA DI HAPE NOKIA

Apabila kita membeli handphone diluar negeri atau kebetulan kita mempunyai handphone yang versi zitron, maka biasanya fitur bahasa indonesia tidak di sertakan oleh Vendor. Sehingga kadang kadang kita yang gak 'ngeh' dalam memahami bahasa inggris menjadi rada kesulitan untuk mengopreknya.
Kemaren saya sendiri sempat bingung juga (bukan apa, orang indonesia lebih suka pakek bahasa ibunda, tul gak? ^__^), Sebelumnya hape nokia saya nih berbahasa indonesia juga tapi setelah saya update firmwarenya ke versi yang lebih canggih..eh malah hapenya jadi zitron, alias gak di lengkapi bahasa indonesia. Yang ada malah bahasa deutch, english, perancis, jerman dll... jadi bingung hehe. tapi emang sih, setelah saya update pakek Nokia Software Updater (NSU) hape saya langsung 'mak cling' ...jadi banyak penambahan fitur fitur terbaru dan pastinya gak lelet kayak biasanya.
Yang jadi masalah saya, kenapa bahasa indonesia yang sebelumnya ada kok jadi ilang... hmmm, setelah saya melihat code produck yang ada di balik baterai hape, ternyata hape saya nih mempunyai kode produk dari africa..pantesan aja waktu saya pakek Nokia Software Updater jadi mengupdate firmwarenya pakek kode afrika nih.. otomatis bahasa indonesianya gak ada.
Kalau anda mempunyai masalah seperti saya di atas, atau memang anda pengen menambahkan fitur bahasa indonesia di hape nokia anda.. ikuti langkah langkah saya berikut ini:
1. Download dan Install NEMESIS SERVICE SOFTWARE (NSS) disini atau anda bisa cari disini
2.Download dan Install NOKIA SOFTWARE UPDATER (NSU)/ Nokia Suite (berbahasa inggris) disini atau (berbahasa indonesia) disini atau kalau mau langsung download disini
3.Periksa dahulu tipe hape nokia kita misalnya: N73, N82, N95, E65 dll.
4.Periksa 'code product' Nokia kamu yang ada di balik baterai dan catat juga jenisnya..
Sebelum membuka baterai kamu, check seperti ini: tekan *#0000# misalnya RM-313 dan code product ini hanya terletak di balik baterai kamu misalnya '0561040'
5.Sekarang cari code product yang kamu inginkan disini, misalnya kamu pengen kode produk yang dari indonesia codenya 0553767, 0551536, 0561047.(semua kode ini mempunyai fitur bahasa indonesia)
6.Install driver kabel data/USB disini
7.Hubungkan kabel USB pada hape ke dekstop/komputer kamu, dan tunggu sampai windows menginstall semua driver kamu.
8.Buka NSS, klik 'Scan for new device' (ikon kaca pembesar atau ikon lup)
9.kalau hape kamu sudah terdeteksi oleh NSS,kemudian klik 'phone info'
10.Klik 'Scan'--->READ
11.Lihat pada tulisan 'Product Code' kemudian ganti dengan produk kode yang kamu inginkan, misalnya produk kode dari indonesia 0551536 kemudian centang 'enable' , kemudian klik 'WRITE' tunggu beberapa detik sampai di pojok bawah ada tulisan "write new value...done"
Jika sudah tutup NSS.

12.Hubungkan komputer dengan internet kemudian. Buka NSU (Nokia Software Updater), Klik pada 'alat'--->Pembaharuan Perangkat Lunak.
Ingat: Sebelum mengupdate firmware kamu, baterai hape kamu harus dalam keadaan full, jangan sampai listrik padam, jangan mengutak-atik komputer atau hape, usahakan koneksi dilakukan pada jaringan yang stabil dan cepat (misal : broadband) agar proses updating tidak mengalami kegagalan. Resiko kegagalan update adalah hape kamu bakal 'hang' atau tidak bisa restart. Jadi usahakan yang terbaik ya! ^__^
atau sebelum kamu ngupdate, mendingan kamu lihat petunjuknya disini ya, biar tidak ada masalah nantinya. Proses updating firmware ini biasanya memakan waktu lebih kurang 30 menit, tergantung koneksi internet kamu. Waktu saya ngupdate Alhamdulillah cuman memerlukan waktu +/- 15 menit aja.
13. Setelah proses update berhasil, hape kamu akan otomatis restart, Nah masuk ke pengaturan bahasa dan lihat..ada penambahan fitur bahasa indonesianya disana. Kalau pengen mengganti bahasa hapemu dengan bahasa indonesia, langsung aja pilih Languange---> Bahasa Indonesia.
Sekarang hape nokia kamu sudah ada fitur bahasa indonesianya.. 
Thanks kyu, segini aja... salam santun dari saya dan.. bye bye. ^__^

11 comments

Jumat, Maret 22, 2013 10:09:00 AM

ada g gan untuk bahasa jepang atau yang lainnya

Sabtu, Maret 23, 2013 7:08:00 AM

di nokia C3-00 saat pendeteksian phone info error gan, kenapa z
pdahal driver sudah terinstall semua, sudah aku cek di device manager tidak ada yang tanda seru

Selasa, Maret 26, 2013 10:11:00 PM

@satriyo madara MAS TRIO BISA CEK DULU UNTUK KODE PRODUKNYA DI http://www.scribd.com/doc/3175519/N82-product-code-list
KALAU DISITU ADA BAHASA JEPANG..BERARTI BISA

Selasa, Maret 26, 2013 10:16:00 PM

@Wni hal itu terjadi biasanya disebabkan oleh baterai phone tidak terisi penuh atau kadang kadang kabel USBnya tidak terpasang dengan benar. dulu saya juga begitu,,tapi setelah saya copot kembali dan saya tunggu 5 menit akhirnya berhasil juga

Anonim
Jumat, April 19, 2013 1:38:00 PM

waktu scan kok selalu eror ya ? itu knp ya ?
tolong di jwb

Anonim
Selasa, April 30, 2013 4:08:00 PM

makasih atas tutornya., sangat berguna

Jumat, Mei 31, 2013 1:19:00 PM

gan hp ane ga bisa instal perangkat lunak dinokia pc suite,ga tersedia pembaharuan, gimana tu gan caranya?

Minggu, Juni 02, 2013 1:01:00 AM

kalo pada hape selain nokia gmn crX mz?

Anonim
Selasa, Agustus 27, 2013 12:49:00 AM

kalw hp cina yg biasanya kluar kotak itu gimana??

Rabu, Desember 18, 2013 8:25:00 AM

tolong kirim software dong

Anonim
Senin, Desember 23, 2013 4:36:00 PM

bang minta tolong nih cara ngebuka kode pembatasan di hp q..

Poskan Komentar